Blinkzap Blog

Startup & Senior Harus Bikin Iklan

blinkzap news
Startup & Senior Harus Bikin Iklan

Perusahaan Junior harus melakukan kegiatan beriklan,

Perusahaan Senior juga harus melakukan kegiatan beriklan,

Mengapa?

Karena sudah saatnya semua brand itu melakukan kegiatan beriklan.


Demi memajukan industri kreatif Indonesia, alangkah baiknya setiap brand dapat memasarkan karya mereka untuk mendapatkan feedback dari konsumen. Hal ini juga dianggap sebagai apresiasi dari karya yang dilakukan brand dalam membangun usahanya.


Menurut Nielsen, The Mobile Marketing Association (MMA) Indonesia Chapter menyebut belanja iklan di Indonesia sebesar Rp40,7 triliun di 2018 (dailysocial). Hal ini menjadi angka yang dapat mewakili banyaknya karya atau usaha yang dimiliki di Indonesia. Baik perusahaan baru dan juga perusahaan yang telah dikenal, kegiatan beriklan memberikan impact yang baik dari segi awareness pada konsumen. 


Untuk perusahaan yang ingin merintis usahanya, kegiatan beriklan menjadi hal penting. Pada saat membuat sebuah merek, perusahaan perlu melakukan kegiatan pemasaran. Pemasaran yang dilakukan dapat berupa kegiatan door to door, word of mouth, dan juga beriklan dengan media. Berbagai macam media yang saat ini terus berkembang dapat dimanfaatkan oleh brand sebagai media penyampaian pesan. Terlebih perusahaan baru yang biasa disebut startup rata-rata memiliki gagasan yang unik dan juga kekinian.


Startup company membutuhkan perhatian dari 'calon' konsumen mereka, singkat padat dan jelas merupakan komposisi pesan iklan yang pas untuk beriklan dengan durasi video pendek dan juga tagline yang mudah untuk diingat. 


Hal ini karena dibutuhkannya informasi yang disebarkan, agar orang-orang mengetahui keberadaan brand. Menyebarluaskan informasi dapat dilakukan melalui acara promo launching, pembukaan toko, dan lain-lain. Di Indonesia, banyak iklan yang dibuat dengan kata-kata singkat dan mudah untuk diingat. Selain kata-kata, jingle pada iklan video juga bisa digunakan brand sebagai konten iklan. 


Masyarakat akan tertarik dengan iklan yang berbeda dari yang lainnya, sehingga hal ini dapat menonjolkan kelebihan dari brand tersebut atas iklan menarik yang dibuat. Produksi dari pembuatan sebuah iklan memang tidak mudah, dan bahkan membutuhkan perencanaan panjang. Untuk itu, gunakan strategi dan taktik yang terbaik agar iklan berjalan efektif.


Sedangkan untuk perusahaan yang telah dikenal, hal ini juga menjadi kegiatan penting. Karena kegiatan yang dilakukan brand harus diketahui oleh konsumennya. Dengan tujuan untuk menjaga loyalitas, karena hubungan brand dengan konsumen harus selalu dijaga. Karena, keberlangsungan hidup perusahaan salah satu penentunya adalah konsumen. 


Kegiatan pemasaran bagi bisnis yang telah berjalan lama atau berpengalaman memiliki dua kemungkinan, antara konsumen masih menunggu produk-produk terbaru dari brand atau justru merasa bosan dan memilih untuk meninggalkan brand. Tugas sebuah iklan adalah dapat menjaga kesetiaan dan dapat menarik keinginan konsumen untuk tetap loyal kepada brand. 


Sebelum beriklan, baik perusahaan junior maupun senior harus melakukan riset. Pengetahuan terkait tren dan lingkungan sekitar perlu diketahui oleh brand. Melihat apa yang dibuat kompetitor terkadang perlu dilakukan, namun tidak untuk meniru konsepnya. Tetapi mempelajari bagaimana cara mereka mendapatkan perhatian konsumen dapat membangun ide-ide brand agar dapat memajukan brand untuk bersaing di dunia bisnis.

Blinkzap Admin

Blinkzap Admin

blinkzap adalah sebuah platform yang menghubungkan para Penyewa dan para Pemilik Iklan atau media promosi. Dengan blinkzap, para penyewa dapat mencari media promosi yang sesuai dengan kebutuhan.  

0 Comments.

leave a comment

You must login to post a comment. Already Member Login | New Register