Blinkzap Blog

Cara - cara agar rapat bisa lebih produktif

blinkzap news
Cara - cara agar rapat bisa lebih produktif

Setiap minggunya karyawan menghabiskan waktu enam jam pada meeting, sedangkan pada tingkat manager, mereka menghabiskan waktu yang sangat mencanangkan, sekitar 23 jam pada satu minggunya. Hartman yang menjabat sebagai founder dan president dari PGHR Consulting, di Amerika Serikat mengatakan “Saya bekerja melebihi dari waktu yang saya butuhkan untuk menyelesaikan kerjaan saya, akibat rapat yang terlalu lama” 


Meeting atau rapat mula-mula diadakan agar perusahaan dapat menyelesaikan permasalahaan yang sedang dihadapkan. Tapi ada facts lainya juga Sob yang kurang menyenangkan! Memang benar beberapa pakar setuju bahwa rapat tradisional sangat krusial untuk membuat keputusan dan membangun strategi, namun sebagian dari karyawan melihatnya sebagai salah satu hal yang tidak penting dalam jam kerja mereka. 


“Sangat penting untuk memiliki fokus dan motivasi yang seimbang setelah rapat agar bisa tetap bisa produktif” Joseph A Allen


Kalau Sobat sering merasa tidak produktif dalam rapat, ternyata emang ada teori yang menjelaskan why-nya hehe! Teori conservation of resources yang dikembangkan pada tahun 1989 oleh Dr Stevan Hobfoll, menyebutkan psychological stress terjadi ketika individu merasa terancam, intinya jika kita sudah sangat lelah dan tetap memaksakan diri untuk menghadiri rapat, kita akan kehilangan fokus, motivasi, dan daya pikir. Hal ini disebabkan karena kita sudah memasuki tahapan psychological stress, dimana fokus kita terbatas hanya untuk melindungi diri sendiri. Keadaan ini membuat kita tidak memiliki daya pikir dan motivasi yang sama dengan sebelum rapat.   


Beberapa solusi seperti salah satunya seperti menanyakan Sobat sendiri apakah rapat tersebut penting untuk dihadiri oleh Sobat? Kalaupun hanya cuma sebatas quick catch-up atau sekadar memberikan informasi yang tidak terlalu urgent, sebaiknya dilakukan melalui e-mail. Kalau rapat tidak langsung menghasilkan keputusan, tim mereka bisa melakukan follow up, mereka tidak perlu duduk pada waktu yang lama untuk rapat. 


Steven Rogelberg penulis The Surprising Science of Meeting bercerita, pemimpin memiliki kendali dari setiap waktu karyawanya, agar perusahaan bisa bergerak lebih efektif dan efisien, perusahaan harus bisa membuat konsep rapat menjadi lebih fleksibel, dan tetap memikirkan stamina dan waktu yang dimiliki oleh karyawanya. Karena tanpa karyawan yang produktif, pada akhirnya perusahaan juga menjadi tidak bisa efektif dan efisien dalam bekerja. 


blinkzap.com 

Referensi Artikel: BBC.com
Sumber gambar: unsplash.com 

Blinkzap Admin

Blinkzap Admin

blinkzap adalah sebuah platform yang menghubungkan para Penyewa dan para Pemilik Iklan atau media promosi. Dengan blinkzap, para penyewa dapat mencari media promosi yang sesuai dengan kebutuhan.  

0 Comments.

leave a comment

You must login to post a comment. Already Member Login | New Register