Blinkzap Blog

4 Tips Membuat Rencana Social Media Marketing yang Efektif

blinkzap news
4 Tips Membuat Rencana Social Media Marketing yang Efektif

Saat ini social media marketing (SMM) merupakan salah satu bagian terpenting dalam strategi digital marketing. Sosial Media dapat dikatakan sebagai pintu pertama customer mengetahui brand produk Anda. Peran sosial media kini berkembang tidak hanya untuk meningkatkan brand awareness, namun juga dapat meningkatkan traffic ke website yang dapat berujung pada peningkatan sales jika dikelola dengan benar. Faktanya, 90% orang membeli produk dari brand yang mereka follow di sosial media. Fakta yang tidak kalah mengejutkan lainnya adalah sosial media dapat menyumbang hingga 52% pada traffic website dan dapat meningkatkan audience sebanyak 46%. Dengan begitu banyaknya manfaat yang didapatkan dari social media marketing, tentunya membuat rencana social media marketing sangat diperlukan.

Apa itu Rencana Pemasaran Media Sosial?


Rencana pemasaran media sosial dianggap sebagai segala hal yang akan Anda lakukan di sosial media Anda dan juga sebagai panduan bagi Anda dalam mengidentifikasi apakah Anda berhasil atau gagal dalam mencapai target Anda. Perencanaan Social Media Marketing bukan sekedar perencanaan konten saja, tapi ada beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan jika Anda ingin berjalan efektif.

Pastikan bahwa rencana Anda mengikuti sasaran: Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Realistis, dan memiliki jangka Waktu yang jelas. 

 

Tips pembuatan Rencana Pemasaran Media Sosial

1. Pilih tujuan yang selaras dengan tujuan bisnis Anda - Tetapkan target. Tanpa ini, tidak ada cara untuk mengidentifikasi kemajuan dan laba atas investasi (ROI) Anda. Gunakan KPI yang akan memudahkan Anda memantau kinerja media sosial Anda. KPI adalah Key Performance Indicators yang akan membantu brand Anda mencapai tujuan. 

 

2. Kenali audiens Anda - Identifikasi audiens Anda, yang biasanya mencakup usia, lokasi, pendapatan rata-rata, dan minat mereka. Jika Anda melakukannya, itu akan membantu Anda agar lebih mudah merencanakan posting apa yang cocok dan akan mendapatkan banyak engagement dari pengikut Anda.

 

3. Rencanakan konten Anda - Periksa konten sebelumnya dan engagement nya, terutama saat menulis yang baru. Lakukan audit konten, untuk membantu Anda mengidentifikasi jenis konten apa yang berkinerja lebih baik. Usahakan buat konten untuk satu bulan atau jika dirasa terlalu berat usahakan buat seminggu sebelumnya.

 

4. Terus meninjau dan meningkatkan - luangkan waktu untuk meninjau kembali rencana media sosial Anda dan menilai rencana tindakan mana yang tidak bermanfaat bagi perusahaan Anda. Dengan ini, Anda mungkin bisa memperbaiki strategi ini atau merevisinya dengan yang baru.

  

Jika Anda mengalami kesulitan atau kesulitan dalam menyusun Rencana Pemasaran Media Sosial, kami akan dengan senang hati membantu Anda. Kami akan secara efektif merencanakan pengelolaan media sosial Anda, didukung oleh tim yang berpengalaman. Jangan sia-siakan kesempatan membangun brand online Anda dengan ahlinya! Klik disini untuk info lebih lanjut


Blinkzap Admin

Blinkzap Admin

blinkzap adalah sebuah platform yang menghubungkan para Penyewa dan para Pemilik Iklan atau media promosi. Dengan blinkzap, para penyewa dapat mencari media promosi yang sesuai dengan kebutuhan.  

0 Comments.

leave a comment

You must login to post a comment. Already Member Login | New Register