Blinkzap Blog

5 Minutes Presentation Tips!

blinkzap news
5 Minutes Presentation Tips!

Terkadang membawakan materi presentasi bisa terlalu lama dan membosankan tanpa kita sadari. Bayangkan saja Sobat Blinkz, kalau kita menyaksikan presentasi lebih dari 30 menit, pastinya pikiran sudah melanglang buana entah kemana kan hehe Tenang aja Sobat Blinkz, blinkzap punya tipsnya bagaimana membuat presentasi yang efektif dan efisien dengan durasi engga lebih dari 5 menit. 


Melalui presentasi kurang dari 5 menit, kita sudah bisa menyampaikan satu inti pesan yang sangat kuat. Tanpa ba-bi -bu Sobat sudah bisa menyampaikan pesan sekaligus membuat para pendengar tertarik untuk mendengarkanya. Yuk kita simak poin - poin apa saja yang harus disiapkan saat membuat presentasi selama 5 menit!


  1. Riset 

Sangat krusial untuk memahami secara mendalam terhadap topik yang ingin Sobat sampaikan. Singkat padat dan jelas adalah kuncinya, tetapi apabila kurang riset pastinya akan mengundang bahaya baru loh, contoh simpelnya ketika Sobat tidak bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan audiens. Setelah riset tentang topik Sobat, coba riset bagaimana latar belakang audiens yang mendengarkan, agar tidak terjadi miskomunikasi. 


  1. Pilih satu konsep atau ide yang paling penting

Ada baiknya presentasi yang dibawakan Sobat tidak terlalu banyak topiknya, agar yang mendengarkan ngga pusing. Satu ide dan satu konsep sudah cukup banget kok untuk membuat impresi yang baik dan memenangkan perhatian audiens, apalagi jika dikemas dengan gaya komunikasi yang menarik atau bahkan kontroversial. Misalkan Sobat blinkz ingin membuat presentasi tentang marketing campaign, coba mulai dengan tools nya hingga kpi nya. jangan membuang waktu dengan mempresentasikan definisi dari marketing itu sendiri yaa hehe...


  1. Latihan 

Setelah riset dan memilih satu ide utama, coba deh Sobat Blinkz latihan gaya komunikasi saat membawakan presentasi nanti. Supaya Sobat Blinkz bisa memahami para pendengar, komunikasi yang disampaikan harus halus, intonasi yang jelas dan tidak mengada-ada. Latihan sangat dibutuhkan untuk mengatasi keadaan terburuk, tipsnya adalah melatih bagaimana Sobat memilih kalimat yang digunakan, seberapa tinggi nada yang diucapkan hingga memperkirakan masalah - masalah apa saja yang mungkin timbul pada saat presentasi nanti.


  1. Sampaikan poin - poin tersebut secara langsung 

Waktu 5 menit sangatlah terbatas! So.. pastikan dalam jangka waktu tersebut semua poin yang ingin Sobat sampaikan sudah dijelaskan. Intinya sampaikan semua ide utama Sobat dan pastikan jangan ada yang tertinggal di belakang lidah. 


  1. Ceritakan

Bercerita dengan membawakan presentasi sangat berbeda loh. Kalau kita bandingkan, lebih mudah mendengarkan teman curhat atau presentasi teman kalian di kelas yang sangat lama sekali menyelesaikan satu slide? lIntinya adalah gunakan cara penyampaian yang simpel, keren, dan unik. Sampaikan presentasi Sobat seperti layaknya anda sedang bercerita kepada teman. 


Terakhir... jangan lupa juga Sob untuk menyesuaikan bahasa yang digunakan saat presentasi, mulai dari bahasa formal hingga candaan ringan di tengah presentasi. Soalnya kalau audiensmu tidak mengerti dengan bahasa yang kamu sampaikan, dalam satu menit pertama Sobat bisa kehilangan ketertarikan audiensmu. Make it simple and tell a story! 


blinkzap.com 

Referensi Artikel: thebalancesmb.com 

Sumber Gambar: Unsplash.com 


Blinkzap Admin

Blinkzap Admin

blinkzap adalah sebuah platform yang menghubungkan para Penyewa dan para Pemilik Iklan atau media promosi. Dengan blinkzap, para penyewa dapat mencari media promosi yang sesuai dengan kebutuhan.  

0 Comments.

leave a comment

You must login to post a comment. Already Member Login | New Register