Blinkzap Blog

11 cara agar akun Linkedin lebih dikenal

blinkzap news
11 cara agar akun Linkedin lebih dikenal

Linkedin merupakan aplikasi wajib bagi para Jobseekers! Berbeda dengan platform media sosial lainya, Linkedin menampilkan pengalaman kerja, latar belakang pendidikan hingga kemampuan Sobat. Linkedin merupakan wadah para jobseekers mencari kerja, dan para Recruiters merekrut karyawan. Eits… tapi jangan pernah anggap menggunakan Linkedin itu sesimpel dan semudah Instagram, Facebook atau Twitter yaa Sob. Pada platform ini kita tidak boleh sembarangan posting konten atau cerita curhat, karena tingkat profesional dan etika kita sangat dinilai pada platform ini. Buat Sobat Blinkz yang sedang mencari pekerjaan dan aktif menggunakan Linkedin, blinkzap punya 11 tips krusial nih agar bisa di-notice sama para Recruiters! Here we go.


  1. Butuh waktu untuk membuat akun Sobat lengkap.

Semakin lengkap data di profil kamu, kesempatan para Recruiters bisa menemukan kamu juga lebih tinggi! Jangan pernah mencantumkan pengalaman yang tidak benar alias bohong ya Sobat. 


  1. Pilih foto profil yang bagus

Gunakan profil foto yang terlihat friendly, dan cocok untuk digunakan pada tingkat profesional. Satu foto dapat menunjukkan passion energi, karisma, empati hingga soft skill yang susah dibaca.


  1. Tulisan pada kolom Headline harus spesifik dan lengkap

Headline engga harus deskripsi jabatan yang Sobat miliki. Gunakan juga Headline sebagai kemampuan utama Sobat yang spesifik agar Recruiters dapat menemukanmu dengan mudah.  


  1. Jangan terlalu bertele-tele saat menjelaskan siapa dirumu pada kolom Summary

Idealnya penjelasan deskripsi pada kolom summary kamu jangan lebih dari 5 Paragraf. Beberapa hal penting yang harus dituliskan adalah kualifikasi, kemampuan utama Sobat, poin-poin yang Sobat sukai dari kerjaan tersebut, dan lain-lainya. Keep it simple & attractive! 


  1. Be warm & Welcoming

Fitur summary bisa dijadikan kesempatan utama Sobat untuk menunjukkan intensi dan hal-hal yang baik tentangmu! Berikan kesempatan agar audiens dan pengunjung mengenal kamu Sob. Coba bayangkan kalau impresi pertama kamu adalah tulisan yang sagnat panjang? haha 


  1. Hindari buzzwords yang sering digunakan. 

Salah satu kata yang sering digunakan adalah responsible, creative, effective, analytical, strategic, expert, driven. Kalau kamu bisa menggantikan kata-kata ini dengan menggunakan kalimat yang lebih kreatif, pastinya akun Sobat akan lebih mendapatkan perhatian dari para Recruiters!


  1. Linkedin dan resume adalah dua hal yang berbeda

Pastikan resume Sobat tidak hanya menjelaskan daftar pengalaman kerja yang panjang! Sobat juga bisa libatkan pencapaian apa saja yang sudah dilakukan. Ceritakan juga bagaimana kamu melakukanya, dan siapa saja yang terkena dampaknya.


  1. Gunakan sisi personal   

Tulisan pada profil kamu harus bisa berkomunikasi dengan audiens yang mengunjungi akunmu! Jangan buat tulisan di profil Sobat panjang dan membosankan hehe


  1. Tunjukan apa saja yang sudah Sobat capai 

Para Recruiters  menghabiskan waktu yang lama untuk mencari kandidat yang tepat (High performers). Para high performers inilah yang akan dipanggil oleh Recruiters untuk lanjut pada tahap seleksi selanjutnya. Kandidat high performers memiliki summary dan pengalaman yang tepat, meliputi pencapaiaan apa saja yang berhasil dicapai. 


  1. Jangan lupa masukan pengalaman project, volunteer atau bahasa yang Sobat kuasai

Linkedin itu berbeda dengan resume ya Sob! Kalau Sobat punya pengalaman unik, bisa berbahasa asing, atau terlibat dalam projek sosial, jangan lupa agar segera dimuat pada profil Sobat. Hal-hal ini juga menjadi poin penting bagi Recruiters untuk mempertimbangkan kembali profil kamu!


  1. Jangan berteman dengan individu yang kamu tidak kenal

Siapa hayo yang pernah melakukan Poin ke-11 hehe… ingat ya Sobat blinkz Linkedin bukan sosial media pada umumnya dimana kita bisa langsung follow akun orang lain untuk pansos! Gunakan platform ini dengan bijak karena Recruiters tidak hanya melihat pengalaman Sobat, tetapi etika juga dinilai. Linkedin juga bisa shut down akunmu apabila ada beberapa orang yang menolak request kamu dan mengaku tidak kenal denganmu


That’s it! banyak hal yang bisa Sobat lakukan pada Linkedin. Lastly, jangan lupa juga untuk selalu update CV yang Sobat upload pada Linkedin! Goodluck Sobat Blinkz! you can do this!


blinkzap.com 

Referensi Artikel: themuse.com 

Sumber gambar: unsplash.com 


Blinkzap Admin

Blinkzap Admin

blinkzap adalah sebuah platform yang menghubungkan para Penyewa dan para Pemilik Iklan atau media promosi. Dengan blinkzap, para penyewa dapat mencari media promosi yang sesuai dengan kebutuhan.  

0 Comments.

leave a comment

You must login to post a comment. Already Member Login | New Register