Blinkzap Blog

Bagaimana cara melibatkan ‘empati’ pada konten?

blinkzap news
Bagaimana cara melibatkan ‘empati’ pada konten?

Menulis dan memproduksi kontenbukanlah hal yang mudah. Agar konten dapat mencapai tujuanya, ada beberapa hal kecil yang harus diperhatikan, salah satunya adalah melibatkan sisi emosi dari konten yaitu rasa empati. 


Empati sendiri adalah bagaimana cara penulis konten memahami perasaan dan sudut pandang si pembaca. Ketika penulis berhasil melibatkan sisi empati, konten tidak hanya dapat menyelesaikan permasalahaan yang ada di permukaan, tetapi juga mengarah ke sisi yang lebih dalam dengan cara mengakses perspektif dan rasa emosinal para pembaca. Di bawah ini adalah 4 poin bagaimana cara melibatkan empati di dalam konten:


  1. Bayangkan menjadi pembaca 

Ingin membuat pembaca kalian melakukan action? pahami mereka terlebih dahulu. Ketika ingin menulis konten how-to atau tips-tips tertentu pastikan mereka paham bagaimana cara kerjanya. Baca ulang konten dan pastikan pesan dalam konten tersampaikan sesuai dengan mereka. 


  1. Buat target yang spesifik dari konten

Melalui cara ini, kita akan paham kemana arah konten kita akan diarahkan. Target dari konten juga bisa bervariasi seperti contohnya: 'Untuk membantu pemilik bisnis yang ingin menulis blog, dan mengarahkan pembaca untuk mengujungi sosial medianya.' 


  1. Bagikan cerita personal

Cerita personal memberikan nilai lebih pada konten. Selain menambah referensi, konten cerita personal juga mudah diterima karena terkadang bisa selaras dengan kejadian sehari-hari yang dialami oleh pembaca. Cerita-cerita personal ini bisa tentang sebuah hubungan, acara tertentu, pengalaman menjalani bisnis dan lain-lainya. 


  1. Jangan terlalu memikirkan sisi promosi, pikirkan juga sisi edukasi.

Pernakah kalian ketika sedang membaca konten atau blog kalian merasa tidak senang? Itu tandanya penulis atau pembuat konten tersebut telah membuat impresi tidak baik denganmu. Banyak manfaat yang bisa pembaca dapatkan dari sebuah konten atau tulisan di blog, bantu mereka mendapatkan tujuanya, buat konten kamu sebagai informasi dan edukasi yang dapat membantu si pembaca. Bukan untuk membuat mereka bingung. (r)

Referensi Artikel: 

https://moz.com/blog/how-to-bring-empathy-into-your-content  


Sumber Gambar: 


Blinkzap Admin

Blinkzap Admin

blinkzap adalah sebuah platform yang menghubungkan para Penyewa dan para Pemilik Iklan atau media promosi. Dengan blinkzap, para penyewa dapat mencari media promosi yang sesuai dengan kebutuhan.  

0 Comments.

leave a comment

You must login to post a comment. Already Member Login | New Register