Blinkzap Blog

Karena Corona, berikut WFH di Indonesia

blinkzap news
Karena Corona, berikut WFH di Indonesia

Friend, seperti yang kita ketahui saat ini Indonesia sedang diserang oleh pandemi yang membahayakan Yaitu virus COVID-19 atau Corona yang tidak hanya berakibat sakit pada tubuh tapi juga sampai meninggal. Bahaya bukan?


Hal tersebut menjadi masalah yang berdampak pada kehidupan orang-orang di Indonesia, hal ini mengakibatkan kegiatan yang dibatasi. Pemerintah membuat kebijakan dalam menghadapi virus ini, karena data mengatakan bahwa semakin hari kasus positif Corona terus terjadi. Maka dari itu Pemerintah mengambil langkah serius dengan menghimbau masyarakat untuk #dirumahaja


Himbauan #dirumahaja menjadi hal yang dianjurkan Pemerintah agar memutus rantai penyebaran virus untuk semakin menyebar, anjuran ini diterapkan untuk seluruh penduduk Indonesia kecuali beberapa sektor yang termasuk pengecualian. Seperti perusahaan Telekomunikasi, Farmasi, dan sektor-sektor lainnya. Para pekerja yang tidak termasuk dalam sektor yang mendapatkan pengecualian wajib untuk bekerja dirumah, yaitu mengikuti aturan untuk #dirumahaja.


Selain pekerja, hal ini juga berlaku pada pelajar, semua tingkat pendidikan wajib untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar via online atau tidak adanya tatap muka secara langsung. Hal ini meliputi SD, SMP, SMA, dan juga Kuliah. Kegiatan belajar mengajar saat ini dibantu dengan teknologi internet, yaitu absen secara online, serta komunikasi via conference call yang diadakan untuk mengganti meeting secara tatap muka langsung. Dimana hal ini dikenal dengan istilah Work From Home atau WFH


Work From Home atau WFH merupakan salah satu kegiatan yang saat ini sedang dilakukan para pekerja di Indonesia. Kegiatan ini menjadi rutinitas baru yang dilakukan selama COVID-19 masih ada di tanah air, namun hal ini menjadi tren baru yang menghiasi media sosial.


Saat awal keputusan Pemerintah untuk menertibkan masyarakat dengan keputusan #dirumahaja, banyak yang mengabadikan momen mereka saat 'bekerja secara online'. Seperti conference call ber jam-jam, lalu keadaan laptop yang harus selalu menyala selama jam kerja, hingga pekerjaan yang semakin banyak mengingat bekerja dirumah sehingga banyak waktu kosong. Dibalik pandemi yang ada, masih banyak masyarakat yang menikmati kegiatan #dirumahaja dengan melakukan kegiatan yang sebelumnya belum pernah dilakukan.


Work From Home memiliki tujuan untuk mengurangi penyebaran virus, terlebih dengan mengumpulkan orang banyak dalam satu ruangan dapat beresiko menyerang kesehatan. Work From Home ini sangat didukung oleh Tim Medis diberbagai daerah, karena mereka yang terjun langsung dalam penanganan korban COVID-19. Mereka berpendapat dengan masyarakat taat dengan aturan yaitu menjalani WFH, maka rantai virus akan berkurang. Banyak tersebarnya gambar-gambar permohonan Tim Medis kepada rakyat Indonesia untuk #dirumahaja.


Work From Home memiliki dampak positif bagi pekerja yang menjalaninya, yaitu manfaat yang menguntungkan. Yang pertama adalah hemat dari segi pengeluaran, yang sebelumnya harus mengeluarkan ongkos menuju tempat kerja sekarang tidak perlu mengeluarkan uang lebih. Yang kedua dari segi menghemat pakaian, yang sebelumnya setiap hari harus menggunakan pakaian rapi sekarang tidak perlu karena tidak terlihat secara keseluruhan melainkan saat kamera dinyalakan saja. Yang ketiga dari segi suasana bekerja, yang sebelumnya setiap hari duduk di kantor bersama dengan yang lainnya sekarang dapat dilakukan ditempat tidur atau ruangan-ruangan dirumah yang lebih santai. Dan yang keempat dari segi waktu, yang sebelumnya setiap hari waktu lebih banyak dihabiskan dengan bekerja sekarang dapat dibagi dengan urusan rumah karena tidak perlu hadir dikantor.


Meskipun banyak dampak positif, Work From Home juga memiliki dampak negatif bagi masyarakat. Yang pertama adalah karena kegiatan bekerja dapat dilakukan kapan saja, rasa mengantuk terkadang menjadi penghambat pekerjaan. Karena tidak perlu bangun lebih pagi untuk bersiap-siap kekantor menjadikan rasa ngantuk kerap datang. Yang kedua adalah banyaknya gangguan saat sedang bekerja, seperti suara kendaraan yang melintas dekat rumah, suara hewan, suara TV, dan lain-lain. Dan yang ketiga adalah tagihan internet membludak. Hal ini ditinjau dari keseharian yang menggunakan internet dengan kapasitas yang sering dan besar, sehingga tagihan internet mungkin lebih besar dari hari-hari biasanya. 


Meski ada sisi positif dan juga negatif dari keadaan ini, kita harus terus mengucap syukur masih mendapatkan kesehatan untuk menjalani kehidupan. Ikuti aturan Pemerintah untuk mencegah penyebaran virus, serta jalani rutinitas dengan menjaga kebersihan. Terus dukung kegiatan positif untuk saling membahu-bahu dalam melawan COVID-19 ini. Stay Safe Everyone!

Blinkzap Admin

Blinkzap Admin

blinkzap adalah sebuah platform yang menghubungkan para Penyewa dan para Pemilik Iklan atau media promosi. Dengan blinkzap, para penyewa dapat mencari media promosi yang sesuai dengan kebutuhan.  

0 Comments.

leave a comment

You must login to post a comment. Already Member Login | New Register