Blinkzap Blog

Kenapa Podcast populer di tahun 2020?

blinkzap news
Kenapa Podcast populer di tahun 2020?

Pada tahun 1980an Podcast biasa dikenal dengan sebutan ’audio blogging’  konten pada audio tersebut  menceritakan pengalaman atau hasil pemikiran dari si penyiar. Tetapi karena distribusi yang kurang, ‘audio blog’ belum cukup dikenal, hingga baru beken di 20 tahun kemudian.


Di awal tahun 2000an kehadiran ipod membuat pemutar musik menjadi portabel dan mengakibatkan ‘audio blogs’ juga menjadi mainstream didengarkan. Hal ini disebabkan karena konten audio menjadi mudah untuk dibawa kemanapun dan semakin mudah juga untuk diakses.  


Pada tahun 2020 5 kategori konten Podcast paling favorit di seluruh dunia adalah budaya dan masyarakat, bisnis, komedi, kesehatan, berita dan politik. Di Indonesia sendiri ada beberapa podcaster yang sangat beken! sebut saja PORD (Podcast Radutya Dika), sudut pandang yang menceritakan topik kehidupan anak millennial hingga podcast Asumsi Bersuara. 


Rutinitas dan waktu mobiling masyarakat yang tinggi juga menjadi salah satu alasan mendengarkan podcast sebagai sarana untuk belajar, mengisi waktu luang hingga sekedar menjernihkan pikiran. Beberapa hal lainya yang membuat Podcast bisa menjadi sangat populer di tahun 2020 adalah:


  1. Mudah diakses dan simpel 

Mendengarkan Podcast tidak harus memiliki radio atau televisi, cukup membawa smartphone dan akses platform yang diinginkan. Konsep konten juga simpel, kita bebas mau mendengarkan konten apa tanpa harus mengikuti jadwal siar atau memerhatikan sisi visulanya. 


  1. Bisa didengarkan kapanpun

Tanpa hadirnya konten visual dan memiliki banyak variasi topik yang sangat spesifik, membuat podcast bisa didengarkan kapanpun ketika kita sedang berangkat ke tempat kerja, mengisi waktu luang, hingga memang ingin menambah pengetahuan. Selain itu, kita juga bebas kapan mau memutarnya, berbeda dengan radio yang harus menunggu jadwal tertentu untuk mendengarkan kontenya


  1. Banyak pilihan konten 

Topik - topik yang spesifik membuat podcast mudah menjangkau audiens yang sangat spesifik. Banyak Podcaster yang menawarkan sisi persepsi yang lain, ada juga yang menceritakan kejadian sehari-hari. Pendengar bebas mau mendengarkan konten podcast sesuai dengan keinginanya.  


Referensi: 

https://brandastic.com/blog/why-are-podcasts-so-popular/

https://maucash.id/podcast-indonesia-terbaik-yang-wajib-kamu-dengerin


Sumber Gambar: 


Blinkzap Admin

Blinkzap Admin

blinkzap adalah sebuah platform yang menghubungkan para Penyewa dan para Pemilik Iklan atau media promosi. Dengan blinkzap, para penyewa dapat mencari media promosi yang sesuai dengan kebutuhan.  

0 Comments.

leave a comment

You must login to post a comment. Already Member Login | New Register