Blinkzap Blog

Paid Promote By Influencer

blinkzap news
Paid Promote By Influencer

Paid Promote atau yang memiliki singkatan PP adalah istilah yang sering digunakan di unia periklanan oleh selebgram, influencer, dan juga artis. Apakah kalian termasuk penonton dari Paid Promote?

Di Indonesia sendiri, Paid Promote diartikan sebagai layanan jasa promosi berbayar. Mereka yang melakukan kegiatan ini biasanya memiliki ciri-ciri memiliki followers atau pengikut yang banyak, serta terkenal di kalangan tertentu.

Pemilik brand atau pemilik usaha yang ingin mempromosikan produk atau jasa dapat menggunakan mereka yang dapat menghasilkan feedback maksimal dan sesuai dengan harapan brand. Sebut saja salah satu influencer memiliki 5 juta followers, biasanya mereka dapat memperkirakan seberapa banyak atau besar feedback yang dapat didapat brand jika menggunakan jasa mereka. 


Paid Promote Is A Part Of Advertising


Kegiatan promosi yang dilakukan oleh para influencer menjadi media baru dalam dunia periklanan. Dengan media-media yang telah hadir terlebih dahulu seperti iklan di billboard, iklan di TV, dan media lainnya yang masih hadir hingga saat ini. Seiring berkembangnya teknologi, kegiatan periklanan juga mengalami perkembangan.

Dunia digital mendorong pertumbuhan media-media baru dalam periklanan. Sebelumnya menggunakan benda mati, saat ini tenaga manusia dimanfaatkan untuk mendeliver pesan iklan. 

Paid Promote berisi foto atau video dengan durasi tertentu yang menampilkan produk atau melakukan narasi sesuai request dari brand yang menggunakan jasa mereka. Hal ini bisa dilakukan di berbagai platform media sosial yang dimiliki sang influencer, baik Instagram, Youtube, dan lain-lain. 

Dalam melakukan kegiatan PP, influencer biasanya mengikuti best time pada insight yang dimilikinya.  Hal tersebut menjadi penting bagi Brand karena aset yang dimiliki influencer dapat terukur untuk brand atau usaha yang diiklankan. Mereka dapat memperkirakan feedback yang akan datang setelah PP dilakukan.

Jumlah PP biasanya tergantung slot dari influencer itu sendiri, dalam sehari ada yang membatasi jumlah PP dan ada yang tidak. Untuk influencer yang tidak membatasi biasanya akan memiliki Stories dengan titik-titik kecill yang menunjukkan banyaknya iklan di media sosialnya.

Brand yang melakukan paid promote biasanya berbentuk brand-brand baru yang mulai merintis usahanya, dari mulai makanan, jasa titip, tempat membuat hadiah, dan lain-lain. Namun juga ada usaha-usaha besar seperti restoran, dan juga clothing line yang melakukan PP.


Tak Hanya Artis Terkenal, Mereka Yang Bermodalkan Followers Jutaan  Bisa Melakukan Paid Promote Loh!


Nama-nama seperti Arief Muhammad, Rachel Vennya, dan Atta Halilintar sudah tak asing bagi pengguna media sosial tanah air. Bukan berasal dari dunia entertainment sebelumnya, nama mereka terkenal seiring dengan karya serta bisnis yang mereka jalankan. Seperti bisnis kuliner, clothing line, dan lain-lain.

Awal mula mereka bisa dipercaya untuk melakukan kegiatan beriklan via media sosial juga bisa karena viralnya kisah hidup mereka. Perjalanan dari awal berkarier hingga sata ini sudah menjadi influencer papan atas.

Selain karena viral, memiliki keluarga terkenal juga mendorong ketenaran yang mereka miliki. 


Harga & Impact Fantastis


Harga yang harus dikeluarkan oleh brand untuk melakukan Paid Promote tidak sedikit, bahkan tergolong cukup mahal. Berkisar dari 2 juta hingga puluhan juta rupiah. Tarif yang mereka hadirkan biasanya dihubungkan dengan kekuatan followers yang memberikan engagement serta pembelian terkait usaha yang diiklankan. 

Meski dinilai cukup mahal, paid promote tidak hanya dilakukan oleh influencer besar sajanamun influencer yang memiliki jumlah followers dibawah jutaan juga dapat mengiklankan produk atau jasa dari suatu brand.

Paid promote dengan bayaran tinggi, biasanya memiliki materi yang lebih banyak dibandingkan yang harganya tidak tergolong mahal. Kembali pada aturan yang dimiliki influencer tersebut.


Gimana? siapa influencer yang paling kalian tunggu PP nya? comment dibawah yuk!

Blinkzap Admin

Blinkzap Admin

blinkzap adalah sebuah platform yang menghubungkan para Penyewa dan para Pemilik Iklan atau media promosi. Dengan blinkzap, para penyewa dapat mencari media promosi yang sesuai dengan kebutuhan.  

0 Comments.

leave a comment

You must login to post a comment. Already Member Login | New Register