blinkzap
blinkzap
blinkzap
blinkzap whatsapp cs
Blinkzap Blog

Iklan Horror Itu Menyeramkan Atau Menguntungkan? Let's Find Out!

blinkzap news
Iklan Horror Itu Menyeramkan Atau Menguntungkan? Let's Find Out!

Hai Friend! Apakah kalian #timberani atau #timpenakut ? buat yang gamau ngaku, biasanya akan terlihat reaksinya setelah mengklik salah satu link dibawah ini. Baca sampai habis ya!


Dunia periklanan dalam industri produk atau jasa diantaranya memanfaatkan unsur horror pada pemasaran. Iklan-iklan horror ini memiliki daya tarik di mata pecinta horror, dan juga masyarakat lainnya. Tidak hanya menarik secara tampilan, biasanya iklan yang berbau horror membuat penonton atau pendengarnya penasaran. Dengan backsound yang perlahan namun mencekam, gambar yang membuat orang merinding, dengan jumpscare yang membuat orang kaget. Dalam iklan dalam bentuk video, biasanya iklan horror memanfaatkan durasi yang panjang agar dapat membangun atmosfir penonton agar dapat ikut dalam iklan. Jika dalam bentuk poster atau yang tidak bergerak, biasanya unsur iklan digunakan pada gambar dan tulisan. Kata-kata singkat namun mencekam dapat membuat pembaca yang melewati atau yang melihatnya bisa merinding. 


Selain secara video dan media iklan lainnya, banyak perusahaan yang menggunakan konsep beriklan secara 'live'. Pernahkan kalian melihat orang-orang yang berpakaian sama dengan salah satu hantu pada film? orang-orang yang berdandan seperti hantu tersebut mengelilingi suatu wilayah untuk menarik perhatian sekitar. Dengan cara ini, biasanya produk atau jasa lebih mudah untuk dikenal karena unsur menyeramkan yang dihadirkan pada orang yang menjadi sosok hantu. 


Produk atau jasa yang menggunakan unsur horror pada iklannya memiliki tujuan untuk mendapat perhatian konsumennya, dan bahkan berharap dapat menjadi viral. Karena faktanya, banyak iklan-iklan lucu yang mendadak viral. Tanpa harus mengeluarkan produksi dalam jumlah yang banyak, karena banyak yang melakukan share secara sukarela mengingat konten dari iklan dinilai menarik.


Selain itu, unsur horror disukai masyarakat Indonesia karena 2 hal. Yang pertama, orang Indonesia takut akan horror dan yang kedua tetapi mereka tetap memilih untuk menyaksikan tayangan atau konten berbau horror. Hal-hal tersebut dapat menjadi modal bagi pengiklan untuk menentukan unsur horror pada iklan produk atau jasa yang mereka miliki. 


Berikut iklan horror yang sering ditemukan:


1. Film

Iklan film horror pastinya mengandung unsur horror, sehingga iklan film yang paling dirasa 'benar seram' dibandingkan iklan produk atau jasa yang lainnya. Karena yang lainnya bukan mengutamakan horrornya tetapi kelucuannya. Iklan film biasanya hadir di penayangan sebelum menonton sebuah film, yaitu iklan ditayangkan di bioskop. Pada iklan film horror biasanya memuat trailer yang berisi penggalan cerita dari film tersebut, yang kemudian berujung membuat penonton tergugah untuk menyaksikannya. Saat iklan ditayangkan biasanya penonton memilih untuk tidak menonton melainkan bersembunyi di balik teman yang ada disebelahnya. Jika ia nonton sendiri... hii! Salah satu film horror terbaru yang dapat disaksikan adalah: youtube.com/watch?v=JevQlOFU4hg&t=4s


2. Makanan 

Jika kita berpikir, bagaimana bisa memasukan unsur horror ke dalam iklan makanan? tapi banyak brand-brand makanan yang memanfaatkan unsur horror pada iklan mereka. Bahkan brand-brand tersebut membuat hantu-hantu yang di dalam iklan menikmati makanan yang ada pada film, sehingga unsur lucu juga digunakan pada iklan-iklan tersebut. Tidak hanya menambahkan unsur lucu, terkadang banyak brand yang menggunakan unsur menyeramkan yang akhirnya berujung tidak seperti rencana. Membuat sebuah iklan pastinya membutuhkan proses produksi yang panjang, serta biaya yang tidak sedikit. Dengan memunculkan iklan dengan unsur horror namun it gone wrong justru menjadi bumerang yang berdampak negatif bagi perusahaan. Contohnya seperti ini: https://www.youtube.com/watch?v=erh2ngRZxs0


3. Provider / internet

Layanan provider menggunakan unsur horror dalam iklannya! rata-rata, mereka menggunakan sosok wanita rambut panjang yang menutupi wajahnya. Yang sebenarnya, perempuan tersebut terlihat horror karena sedang bermain handphone. Namun karena banyak film yang memuat sosok perempuan tersebut sebagai hantu dalam film, sehingga banyak iklan provider yang memuatnya. Lagi-lagi tidak mengandung horror saja, namun unsur lucu juga digunakan pada iklan-iklan selain iklan film horror. Berikut videonya: https://www.youtube.com/watch?v=6ZSOqFe6A74


Sehingga dapat dikatakan bahwa iklan horror memiliki unsur yang menyeramkan namun sekaligus menguntungkan. Setuju? comment dibawah yuk

Blinkzap Admin

Blinkzap Admin

blinkzap adalah sebuah platform yang menghubungkan para Penyewa dan para Pemilik Iklan atau media promosi. Dengan blinkzap, para penyewa dapat mencari media promosi yang sesuai dengan kebutuhan misalnya: lokasi yang diinginkan, durasi sewa yang diinginkan dan jenis media promosi yang diinginkan. Secara umum, blinkzap dapat disebut sebagai marketplace untuk media promosi di era digital.  

0 Comments.

leave a comment

You must login to post a comment. Already Member Login | New Register