Blinkzap Blog

Apa itu SEO dan SEM?

blinkzap news
Apa itu SEO dan SEM?

Istilah yang sering dilontarkan para digital marketeers ini memiliki arti yang berbeda. SEO dan SEM kalau kita artikan secara umum adalah kegiatan optimisasi agar website kita mendapatkan visibilitas yang tinggi pada search engine. Search Engine Optimization (SEO) merupakan upaya peningkatan visibilitas yang bertujuan untuk mendapatkan traffic tinggi dari hasil pencarian organik. Sedangkan Search Engine Marketing (SEM) adalah strategi pemasaraan berbayar dengan tujuan untuk mendaptkan visibilitas website di kolom pencarian. 


Tenang aja Sobat Blinkz! istilah SEO dan SEM ini memang terdengar sangat kompleks awalnya, walaupun pada praktiknya tidak serumit istilahnya. Kalau Sobat menulis konten blog di website, kegiatan itu juga termasuk dalam optimisasi SEO loh... karena Sobat secara langsung menulis keyword perusahaan Sobat dan kata - kata lainya yang berkaitan di internet. Sedangkan kegiatan SEM adalah kegiatan menempatkan iklan berbayar pada google search dengan tujuan iklan tersebut akan muncul pada kolom Google Search, dalam bentuk halaman website tentunya. Yuk simak lebih lengkapnya perbedaan antara kedua tools digital marketing di bawah ini:


  1. Terdapat ikon 'iklan' di hasil pencarian SEM  

Bentuk iklan ini biasanya sering kita temui pada urutan paling atas hasil pencarian di google search, dan dilengkapi dengan keterangan ‘iklan’ sebelum halaman website. Kebijakan ini menunjukkan bahwa hasil pencarian tersebut adalah bentuk iklan, bukan pencarian organic kepada para pengguna search engine google.


  1. SEM berbayar sedangkan SEO gratis

Metode pembayaran pada iklan ini adalah pay per click (PPC), Artinya jika Sobat mau beriklan SEM Sobat harus bayar dengan nominal rupiah tertentu untuk mendapatkan satu click.  Satu click ini kemudian akan dikonversi menjadi page visitor dari website Sobat, atau istilah googlenya adalah user dari website Sobat.


  1. SEM bisa memilih target audiens

Fitur utama dari SEM yaitu memungkinkan para pengiklan untuk memilih target demografi dari iklan yang ditampilkan. Jadi kita bisa memilih target umur, lokasi, pendapatan, hobi, dan masih banyak lainya. 


  1. SEO lebih baik untuk campaign jangka panjang 

Kelemahan dari SEM adalah, kegiatan campaign otomatis akan terhenti kalau Sobat berhenti membayar. Yups effort yang dibutuhkan untuk optimisasi SEO seperti membuat konten blog yang baik akan lebih susah dibandingkan melakukan promosi digital berbayar di SEM, tetapi hasilnya juga akan lebih baik dalam jangka waktu lama. 


  1. Potensi CTR SEO Lebih tinggi daripada SEM 

Berdasarkan advancewebranking, tiga pencarian teratas pada Google Search akan mendapatkan Click-through rate (CTR) paling banyak. Di sisi lain, kalau posisi website sobat berada di luar tiga besar, bisa jadi justru CTRnya SEM yang akan lebih banyak.


blinkzap.com 

Referensi Artikel: niagahoster.co.id 

Sumber Gambar: freepik.com 


Blinkzap Admin

Blinkzap Admin

blinkzap adalah sebuah platform yang menghubungkan para Penyewa dan para Pemilik Iklan atau media promosi. Dengan blinkzap, para penyewa dapat mencari media promosi yang sesuai dengan kebutuhan.  

0 Comments.

leave a comment

You must login to post a comment. Already Member Login | New Register