Blinkzap Blog

9 Trik Psikologi Yang Dapat Meningkatkan Sales

blinkzap news
9 Trik Psikologi Yang Dapat Meningkatkan Sales

Pernah nggak sih kalian berpikir gimana caranya perusahaan besar bisa membuat orang-orang tertarik membeli produk mereka, bahkan dengan harga yang cukup mahal? Kalau kalian berpikir mereka punya strategi marketing yang tepat, kalian benar. Tapi, sebenarnya ada faktor psikologis juga lho yang jadi penentu seseorang membeli suatu produk. Nah, jadi ternyata, untuk dapat meningkatkan sales,  kamu harus juga menguasai ilmu psikologi. Berikut tips psikologi marketing yang bisa kamu coba nih: 


Efek endowment: Kebanyakan orang menghargai barang-barang yang mereka miliki cenderung lebih tinggi daripada harga sebenarnya, hanya karena mereka memilikinya. Sulit bagi orang untuk melepaskan barang-barang yang sudah mereka miliki karena rasa nilai kepemilikan menjadi meningkat. Kita dapat menggunakan fenomena psikologis ini untuk meningkatkan tingkat konversi kita, seperti giveaway dan kupon gratis atau diskon yang akan membuat mereka ingin menggunakannya, atau uji coba gratis. Misalnya, kita bisa memberikan mereka kupon gratis senilai 100.000 yang bisa mereka tukarkan dengan pembelian 500.000. Nah ini bisa jadi cara agar mereka mau membeli karena mereka sudah memiliki rasa kepemilikan terhadap kupon gratis 100.000 tersebut.


Sunk Cost: Ketika orang melanjutkan perilaku pembelian sebagai hasil dari pengeluaran yang dilakukan sebelumnya. Jadi istilahnya sih “biar sekalian”. Kamu bisa menggunakan ini untuk mengajak pembeli kamu untuk meningkatkan pembelian dengan melakukan beberapa cara. Selama biaya tambahan secara signifikan lebih kecil dari biaya awal ini bisa banget dicoba loh. Contoh sederhananya adalah kalau kamu punya coffee shop kamu bisa tambahin macam-macam toppings dan saat kamu menawarkan ke mereka, mereka akan berpikir seperti "Saya sudah menghabiskan sebanyak ini jadi saya mungkin juga membayar sedikit tambahan untuk rasa yang lebih enak”. Fyi, banyak yang pakai cara ini dan berhasil loh untuk meningkatkan sales.


Foot in the Door vs Door in the face: Ketika kamu membuat permintaan kecil dan begitu orang itu setuju dengan ini, mereka merasa lebih sulit untuk menolak permintaan yang lebih besar. Coba deh kamu minta pembeli untuk coba gratis untuk mendapatkan akses ke game selama sebulan pertama sehingga mereka akan sulit mencoba untuk di bulan kedua.kami dapat meminta mereka untuk membeli lebih banyak untuk kedua kalinya. Contoh ini sudah banyak dipakai untuk bisnis besar seperti Netflix.


Less is More: Terkadang memiliki lebih sedikit pilihan lebih baik, misalnya pada menu. Memiliki 2-4 halaman menu lebih baik daripada memiliki menu 10 halaman, karena akan membuat orang jadi bingung dan butuh waktu lama untuk memilih. 


Anchoring: Ketika kami melihat tas seharga Rp.500.000, maka kami melihat yang kedua harganya Rp.300.000, kamu pasti bakal mikir itu murah deh. Padahal sebenarnya keduanya adalah barang yang sama yang sebenarnya harganya memang Rp.300.000.


Gain/Loss Framing: Seringkali manusia cenderung fokus pada kelebihan atau kehilangan yang mereka akan alami saat membeli sesuatu. Contohnya adalah pada kalimat ini: "Cegah kanker kulit dengan menggunakan sunscreen". Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah susun kata-kata sedemikian rupa sehingga jelas bahwa kalau pembeli tidak membelinya, mereka akan rugi. Contoh lain dari sebuah artikel adalah, bukannya menyebutkan discount early bird, melainkan menggunakan istilah “penalty fee” atau “denda” karena keterlambatan pembayaran.


Labour-Love (IKEA Effect): orang cenderung lebih menghargai suatu produk jika mereka terlibat dalam pembuatannya. Menggunakan strategi ini juga dapat meningkatkan penjualan dengan memberi pengguna pilihan supaya produk kamu disesuaikan untuk mereka. Seperti halnya IKEA yang melibatkan pembelinya dalam merakit furniture nya sehingga mereka lebih menghargainya.

Decoys: Contohnya adalah kamu ingin menjual langganan majalah dan kamu mau orang-orang membayar lebih, jadi kami menempatkan pilihan asimetris, seperti langganan majalah digital seharga Rp.50.000, langganan cetak seharga Rp.55.000 ATAU langganan keduanya seharga 55.000 per bulan. Tentu sebagian besar orang akan memilih opsi ketiga.


Von Restorff: ketika kamu meletakkan sesuatu yang berbeda di beberapa item, orang lebih cenderung mengingatnya sebagai hal yang menonjol. Misal kamu menjual tas dan kamu mau meningkatkan penjualan tas warna orange, kamu bisa meletakkannya di antara tas warna senada, misal di antara tas warna gelap.

Nah, itu adalah beberapa trik marketing yang bisa kamu coba untuk meningkatkan sales kamu. Tapi, kamu juga nggak boleh melupakan hal lainnya seperti media promosi apa yang sebaiknya kamu gunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cek website kami untuk mengetahui lebih lanjut media promosi mana yang terbaik untuk kamu disini


Blinkzap Admin

Blinkzap Admin

blinkzap adalah sebuah platform yang menghubungkan para Penyewa dan para Pemilik Iklan atau media promosi. Dengan blinkzap, para penyewa dapat mencari media promosi yang sesuai dengan kebutuhan.  

0 Comments.

leave a comment

You must login to post a comment. Already Member Login | New Register