Blinkzap Blog

5 Rahasia Sukses Advertising David Ogilvy

blinkzap news
5 Rahasia Sukses Advertising David Ogilvy

Siapa sih yang nggak tau David Ogilvy, bapak periklanan dunia? Atau seenggaknya kalian pernah dengar Ogilvy, kan? Yup, advertising, marketing, and public relations agency ini didirikan oleh David Ogilvy pada tahun 1850. Dengan segudang pengalaman di bidang periklanan, ga heran sih kalau Ogilvy ini disebut sebagai one of the best advertising agency in the world. Nah pasti kalian semua penasaran kan apa sih kunci sukses yang dipegang sama founder Ogilvy sampai perusahaannya masih eksis dan top sampai sekarang? Nah berikut ada beberapa pelajaran penting dari David Ogilvy, seputar periklanan dan pemasaran yang masih bisa dipakai dan diikuti di Tahun 2021 ini. Yuk simak tips di bawah ini!


Tips pertama: Konsumen itu istri kalian! Ya, kalian ga salah baca. Ogilvy bilang yang kalau diterjemahkan kurang lebih seperti ini, “Konsumen bukanlah orang bodoh. Dia adalah istrimu. Kamu menghina kecerdasannya jika kamu berasumsi bahwa slogan belaka dan beberapa kata sifat hambar akan membujuknya untuk membeli sesuatu. Dia menginginkan semua informasi yang bisa kamu berikan padanya." David Ogilvy selalu mengingat hal ini saat menulis iklannya, dan alih-alih menggunakan kata sifat pujian, ia berfokus pada informasi dan manfaat praktis. Lakukan riset sebanyak mungkin dan ketahui produk dengan baik sebelum menjualnya. Tulislah sebuah tagline atau slogan yang bisa memberi pembaca lebih banyak alasan untuk memperhatikan dan terus membaca tulisan kamu. Berikan informasi spesifik tentang layanan atau produk Anda. Saat menjelaskan tawaran Anda, batasi penggunaan kata sifat pujian. Yang terakhir, akhiri dengan ajakan bertindak yang sederhana dan jelas.

Tips kedua: Sekreatif apapun kalau nggak menjual nggak ada gunanya! Ingat, peran kamu ada adalah menjual, jangan biarkan apapun mengalihkan perhatian kamu dari satu-satunya tujuan periklanan. Dalam dunia bisnis modern, tidak ada gunanya menjadi pemikir orisinal yang kreatif kecuali jika kamu juga dapat menjual apa yang kamu buat. Jadi, saat menulis, biarkan kreativitas Anda bermain. Namun, tetap perhatikan tujuannya (penjualan) dan tetap fokus pada apa yang ingin Anda capai.

Tips ketiga: Ide gila yang kamu punya bisa jadi email Anda berikutnya. Atau bisnis! Saat berbicara tentang bagaimana ide besar muncul dalam periklanan, David Ogilvy menguraikan langkah-langkah penting. Yang pertama adalah pelajari produknya. Semakin banyak kamu tahu tentang produk tersebut, semakin besar kemungkinan kamu mendapatkan ide besar untuk menjualnya. Cari kampanye untuk produk serupa dalam beberapa tahun terakhir. Cari tahu mana yang berhasil dan mana yang tidak berhasil, lalu lanjutkan dengan lebih baik. 


Tips keempat: Lakukan riset, lalu biarkan pikiranmu mengembara. “Ide besar datang dari alam bawah sadar, dalam hal seni, sains, dan periklanan. Tapi alam bawah sadar kamu harus mendapat informasi yang baik, atau ide kamu akan menjadi tidak relevan. Isi pikiran sadar kamu dengan informasi, lalu lepaskan proses berpikir rasional. " Tanpa penelitian, hampir tidak mungkin untuk membuat konten yang bagus - baik untuk iklan, pemasaran email, atau media sosial. Jadi, saat mengerjakan salinan baru, teruslah mengumpulkan informasi sampai kamu merasa siap untuk langkah selanjutnya. Supaya kamu nggak merasa kewalahan, setelahnya usahakan istirahat untuk menjernihkan pikiranmu. Biarkan semua informasi itu berkecambah dan biarkan tumbuh menjadi ide kamu selanjutnya.


Tips Kelima: Bereksperimen Lah sampai kamu menemukan strategi yang berhasil. “Jangan pernah berhenti test, maka hasil iklan kamu tidak akan pernah berhenti meningkat.” Kamu dapat dengan mudah menerapkan saran ini untuk periklanan, serta strategi pemasaran email kamu. Dunia terus berubah, begitu pula harapan penonton kamu. Jadi masuk akal untuk memperbarui teknikmu agar tetap di atas permainanmu. Kamu dapat mulai hari ini dengan mencoba pendekatan berbeda dalam pemasaran emailmu: Bereksperimen dengan berbagai jenis konten, baris subjek, dan ajakan bertindak. Lalu, lihat laporanmu dan lihat mana yang menunjukkan hasil terbaik. Terakhir, perhatikan detailnya disesuaikan dengan strategi kamu. 


Nah itulah strategi advertising dari Ogilvy yang bisa kamu tiru. Tapi, kamu juga ngga boleh melupakan hal lainnya seperti media promosi apa yang sebaiknya kamu gunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cek website kami untuk mengetahui lebih lanjut media promosi mana yang terbaik untuk kamu disini


Source: zerobounce

Blinkzap Admin

Blinkzap Admin

blinkzap adalah sebuah platform yang menghubungkan para Penyewa dan para Pemilik Iklan atau media promosi. Dengan blinkzap, para penyewa dapat mencari media promosi yang sesuai dengan kebutuhan.  

0 Comments.

leave a comment

You must login to post a comment. Already Member Login | New Register