Advertising, Tips & Trick

3 Tahap Yang Perlu Dilakukan Sebelum Beriklan

Saat memiliki sebuah perusahaan, kegiatan promosi tak lepas dari strategi komunikasi. Strategi komunikasi yang dilakukan dapat melalui 3 tahap, yaitu perencanaan, eksekusi, dan evaluasi. Tahap pertama adalah tahap membuat konsep tentang bagaimana membuat iklan. Seperti gambar apa yang dipilih, tulisan apa yang digunakan, dan layout secara keseluruhan. Selain itu, dalam meraih perhatian masyarakat juga dapat dengan mudah dilakukan jika tampilan iklan menarik. Seperti menggunakan warna-warna terang, gambar yang cukup besar, dan kata-kata yang mampu membuat pengendara atau masyarakat yang sedang beraktivitas dapat berhenti dan melihat iklan. Dalam hal ini dibutuhkan pengumpulan data terlebih dahulu, seperti riset wawancara dan juga yang dapat diperlihatkan melalui angka. Data-data tersebut dikumpulkan dan menjadi dasar saat sebuah perusahaan akan melakukan kegiatan penyebaran informasi baik terkait produk atau jasa yang dimiliki. Hal ini berguna sebagai gambaran tentang bagaimana jika iklan diiklankan di media.

Lalu kita juga dapat sekaligus mengetahui bagaimana target audiens yang dituju. Seperti dari segi umur, SES, demografi, dan juga dari segi psikografi. Setelah itu saatnya memilih media seperti apa yang akan digunakan untuk memasarkan produk atau jasa. Menarik perhatian konsumen dapat dilakukan dengan cara beriklan di media luar ruang seperti di sarana transportasi publik atau pribadi, dan di media iklan yang dipasang di gedung atau pusat perbelanjaan. Hal ini dilakukan karena faktanya, BMI Research menemukan bahwa penetrasi media luar ruang di Jabodetabek mencapai angka 81%, hal ini didukung dengan mobilitas masyarakat dengan kepadatan lalu lintas sehari-hari. Semakin sering masyarakat menghabiskan waktu diluar rumah, maka semakin besar kesempatan perusahaan untuk memasarkan brandnya melalui media luar ruang secara efektif. Efektivitas dan efisiensi media luar ruang juga ditinjau dari segi biaya beriklan, saat menggunakan media luar ruang sebagai media iklan maka kita hanya butuh membayar sekali. Sedangkan jika di media lainnya dihitung persatu kali, yang dengan kata lain jauh lebih mahal.

Setelah perencanaan selesai lanjut ke tahap eksekusi, dalam hal ini pastikan konten yang diiklankan berjalan sesuai rencana. Seperti gambar, tulisan, dan letak layout sesuai dengan tema yang dipilih, dan juga dipasang sesuai dengan media yang dianggap paling efektif. Selama iklan dipasarkan pastikan kondisinya, jangan sampai masa beriklan belum selesai namun konten sudah tidak terdapat dilihat oleh target audiens. Maka hal ini dapat berakibat buruk, yaitu waktu dan uang yang terbuang sia-sia. Tahapan ketiga adalah tahap dimana perusahaan harus melakukan evaluasi selama iklan ditayangkan. Perhitungan feedback dapat melalui traffic media sosial atau website, biasanya setelah melihat iklan masyarakat akan mencari informasi lebih lengkap di media atau platform yang dimiliki perusahaan. Setelah itu jika menggunakan kode-kode unik maka dapat di track seberapa banyak yang menggunakan kode tersebut. Hal ini perlu dilakukan oleh setiap perusahaan agar dapat meninjau apakah kegiatan beriklan kali ini memiliki impact besar atau justru sebaliknya.

Selamat mencoba!

#periklanan #tahapberiklan #iklan #3tahapberiklan #blinkzap #indonesia #marketplace #iklandalamsekezap #mediaberiklan

Blinkzap

MARKETPLACE MEDIA PROMOSI PERTAMA DAN TERLENGKAP DI INDONESIA.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *